Kamis, 30 April 2009

Tetapkan Visi Misi Anda Sekarang

Baik, sebagaimana saya meneruskan posting sebelumnya, yang menyebutkan bahwa saya akan menyebutkan caa untuk mencari visi dan misi. Sebelum anda mengetahui apa visi dan misi anda, tentunya anda juga harus mengetahui apa pengertian dari visi dan misi.


Visi, mungkin sebagian anda sudah mengatahui apa itu visi, bahkan mungkin dari anda yang membaca artikel ini ada yang sudah memiliki visi? Selamat! Karena anda sudah menjadi pemenang. Namun, bagi anda yang belum mengetahui apa itu visi, saya akan menjelaskan. Visi adalah kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan, bukan hanya melihat yang berada di hadapan anda. Berarti, visi anda adalah siapa anda di masa depan. Dengan visi tersebut terjawablah sebuah pertanyaan yang kadang membingungkan. Yaitu, “Mau menjadi apa anda?”. Karena visi adalah diri ideal anda dan anda akan menuju kearah pencapaiannya.


Misi adalah perwujudan tindakan untuk mencapai visi tersebut. Misi memiliki makna langkah-langkah untuk mewujudkan visi tersebut. Misi dapat menjawab pertanyaan, “Jika anda mau seperti yang anda mau, lalu apa tindakan nyata anda?”


Memang, sebagian orang ada yang bilang visi misi adalah cita-cita, apakah berbeda? Tentu tidak. Selama itu menjawab tentang akan menjadi seperti apa anda dan hal-hal dasar yang anda lakukan untuk mencapainya, maka itulah tujuan, cita-cita, visi dan misi.


Mungkin, pada umumnya, ,mengingat visi dan misi hanya di dalam fikiran adalah hal yang tidak mudah, karena otak manusia memiliki pola pikir yang sedemikian kompleks sehingga agak sulit untuk mengingat dan menghafal. Beruntung bagi anda yang memiliki daya ingat ukup baik, karena itu akan lebih membantu anda dalam membangun visi-misi tersebut., Namun, bagi anda yang memiliki ingatan terbatas, cara yang cukup ampuh dan efektif adalah dengan menuliskannya.


Mengapa ditulis? Ternyata orang yang berhasil menuliskan visi-misinya, lebih berarti dan lebih efektif dibandingkan dengan orang yang hanya mengingatnya saja. Ada sebuah survey mengejutkan yang mengatakan, dari 100 orang, hanya tiga yang dapat menuliskan visi-misinya secara sistematis, dan dari ketiga orang ini adalah orang kaya dan lebih kaya dibandingkan dari 97 orang yang belum menuliskan visi dan misi.


So, You know you want a vision and mission Sir! Untuk apa membuang waktu lagi? Segera buat visi dan misi anda sekarang juga dan tuliskan di selembar kertas, atau sedikit saran dari saya yang lebih modern, anda dapat menggunakan program pengolah gambar semacam Adobe Photoshop, CorelDraw,Macromedia Freehand, dll buat visi dan misi anda seindah mungkin. Dan jika ingin lebih mudah mengingatnya, gambar ini dapat digunakan sebagai desktop PC atau NoteBook anda. Sebagai contoh, anda dapat melihat posting pertama saya, dan jika anda tertarik, saya siap berbagi dengan anda karena saya banyak sekali contoh visi dan misi dari yang realistis hingga yang puitis.

Siap membuat visi misi? tunggu posting selanjutnya.

2 komentar:

Irwan M mengatakan...

Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi.sukses selalu.
Semoga blog ini semakin memberi yang terbaik bagi netter Indonesia.
www.msantika.com

Humaini.hd mengatakan...

salam kenal...

Posting Komentar