Rabu, 08 April 2009

Tetapkan Diri Ideal

Beginilah kurang lebih cara yang cukup efektif untuk merenungkan bagaimana diri ideal anda. Simak dan lakukanlah langkah-langkah berikut.
Baiklah, saya akan mengajak anda untuk bersantai sejenak, namun santai disini bukan berarti santai-santai tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Dan dalam menuju puncak relaksasi tersebut, tentunya anda membutuhkan tempat yang dapat membuat anda nyaman. Maka dari itu, pilihlah tempat dimana anda bisa santai dan relaks. Dan tentunya, posisi anda harus santai pula. Bisa berbaring, duduk, atau sekedar bersandar.
Setelah posisi anda benar-benar relaks dan santai, cobalah untuk melupakan semua kepenatan yang sering menghantui kehidupan anda. Dan lupakanlah sejenak. Setelah itu, cobalah anda menarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan santai. Tenang, saya tidak sedang menghipnotis anda kok!
Lalu, buka fikiran anda. Dan buka juga imajinasi anda. Dalam fikiran anda, bayangkanlah tentang seseorang yang akan berjalan ke arah anda, anggap saja orang tersebut berjalan masih jauh dari anda dan segera mendekati anda. Dan ketika orang tersebut menghampiri anda, tiba-tiba anda sadar bahwa orang tersebut adalah diri anda sendiri. Tetapi, dia bukanlah diri anda yang sekarang ini, ia adalah diri anda setahun ke depan.
Nah, sekarang renungkanlah,
  • Apa saja yang telah anda perbuat dengan diri anda yang sudah lewat?
  • Bagaimana perasaan anda? Seperti apa diri anda itu?
  • Karakter apa saja yang sudah anda miliki?
Sekarang bangunlah dan sadari bahwa anda masih ada di masa sekarang dan belum mencapai diri ideal tersebut. Dan sudah dipastikan bahwa sekarang anda dapat merasakan apa yang penting bagi anda dan apa yang akan anda capai di tahun-tahun mendatang. Karena inilah yang namanya berorientasi pada diri ideal anda.
Jika bisa, sempatkanlah anda melakukan ini sesering mungkin, dan anda bisa pergi ke tempat-tempat favorit anda. Namun saya anjurkan untuk pergi sendirian agar anda dapat lebih fokus. Dan tambahkan jangka waktu diri anda misal, untuk perenungan pertama anda memikirkan diri anda dalam setahun kedepan, dan untuk perenungan selanjutnya, anda bisa memikirkan diri anda dua tahun ke depan dan seterusnya.
Untuk mengetahui untuk apa dan apa guna dari perenungan diatas, tunggu saja posting selanjutnya, bagaimana? Apa anda siap mempraktekkannya? Percayalah, saya mendapatkannya setelah saya melakukannya.
Bagaimana tanggapan anda ?

0 komentar:

Posting Komentar